Cara Pembuatan Air Lindi dan Pemanfaatannya untuk Pupuk Cair Berkebun Organik di Pekarangan


KEBUN ORGANIK - Lindi (leachate) adalah cairan yang merembes ke bawah dari tumpukan sampah yang terbentuk karena pelarutan dan pembilasan materi materi terlarut dan proses pembusukan oleh aktivitas mikroba setelah adanya air eksternal, termasuk air hujan, yang masuk ke dalam tumpukan sampah itu.

Lindi mengandung mikroba dan berbagai macam mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bakteri. Selain mengandung unsur organik dengan konsentrasi tinggi, lindi juga mengandung unsur logam seperti Zn dan Hg.

Jenis komposisi kandungan air lindi dipengaruhi oleh banyak faktor seperti jenis dan umur sampah, jenis air yang melalui timbunan sampah,faktor lahan dan iklim, kondisi hidrogeologi, kedalaman timbunan sampah, kemiringan tanah tempat penimbuhan sampah dan faktor tanah penutup sampah.

Cara Pembuatan Air Lindi dan Pemanfaatannya untuk Pupuk Cair Berkebun Organik di Pekarangan

Bedanya dengan air lindi yang kita buat, adalah terletak pada bahan baku dan cara pembuatannya.

Air Lindi yng kita buat terdiri dari bahan-bahan pilihan yaitu bahan organik limbah dapur dan limbah buah-buahan yang alami.

Proses pembuatannya juga dalam ruangan atau wadah tertutup sehingga terhindar dari pencemaran atau kontaminasi bahan-bahan kimia.

Proses pembuatannya dibantu dengan aktivator dan air leri cucian beras yang ditambah sumber energi berupa larutan gula merah atau molase, sehingga hasilnya adalah air lindi yang kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tanaman.


Dapatkan Lebih Dari 350 Tutorial SB1M, Daftar SB1M Sekarang Gratis Sebelum Kelasnya Ditutup SB1M BLITAR

Jangan Lupa Berikan Like, Komantar dan Share Anda
Karena ketiga adalah Nyawa kami untuk terus berkarya

SELALU TERKONEKSI DENGAN KAMI :
Facebook :  HERI DWI PURNOMO
Fans Page:  SB1M KOREA
Twitter :   HERI DWI PURNOMO
Google+ :   HERI DWI PURNOMO
Instagram : HERI DWI PURNOMO
Website: WWW.HERIDWIPURNOMO.INFO