Manfaat Air Got Comberan Sebagai Pupuk Cair untuk Menyuburkan Tanaman Pengganti NPK dan Dolomit


KEBUN ORGANIK - Air Got atau Comberan adalah Pupuk alternatif lengkap bagi tanaman pengganti NPK dan Dolomit.
Kandungan tinggi BOD (oksigen yang terlarut dalam air menjadi karbon dan senyawa organik berkat mikroorganisme) pada air got/comberan mengakibatkan air berbau tidak sedap, serta berwarna hitam dan keruh. Dampak dari tingginya kandungan BOD dapat memutus kehidupan ikan dan hewan air tawar lainnya. Semakin banyak oksigen yang di konversi, maka semakin keruh pula warna air dan semakin banyak pula mikroorganisme dari berbagai family hidup dan berkoloni memanfaatkan zat-zat karena suasana yang kondusif dengan adanya mineral tanah, air, sinar matahari, dan zat-zat kimia dari bahan buangan.
Got dan comberan adalah buangan biologis maka bisa di katakan air dengan kandungan BOD tinggi yang mempunyai sisa-sisa materi organik dalam jumlah besar yaitu nutrien yang umumnya merupakan senyawa nitrogen (N) dan fosfor (P) yang dibawa oleh sisa sisa protein dan sel-sel mati. Nitrogen keluar dalam bentuk senyawa amonium, sedangkan fosfor dalam bentuk fosfat dan kalium dalam bentuk kalium anorganik .Dari struktur mikrobiolog, keterkaitan BOD tinggi tidak bisa lepas dari beberapa peran mikroorganisme. Seperti pelarutan senyawa nutrien tadi tidak bisa lepas dari peran algae yang menghabiskan oksigen dalam air sehingga warna air menjadi kehijau-hijauan dan sedikit memutus siklus hidup hewan air. Alga sendiri termasuk ke dalam organisme autotrof yang artinya dapat mengubah bahan anorganik menjadi senyawa organik berkat adanya energi seperti oksigen, cahaya dan air. Maka tak ayal, alga dapat merubah zat aktif pada deterjen seperti surfaktan, desinfektan menjadi kalium organik atau non organik.

Dan di atas punggung alga masih ada protozoa, yaitu organisme yang menjadi parasit bagi inangnya dengan menempel pada alga. Protozoa sendiri bersifat autotrof dan heterofrof. yang artinya hidup karena ada senyawa organik dan bila ketersediaan bahan organik itu habis, protozoa bisa memanfaatkan organisme lain atau inangnya menjadi makanan demi kelangsungan hidup karena sifat protozoa bersifat “mutans organisme". Tak ayal, protozoa adalah sebagian dari organisme yang membantu membuat enzim dari senyawa organik yang baik bagi akar. Itulah 2 organisme yang sangat berpengaruh dalam air got atau comberan. Selain kedua organisme tersebut, masih banyak golongan bakteria dan protista yang hidup dan menguntungkan bagi tanaman, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Ganggang api (menekan nematoda dan menjadi parasit bagi hewan inang)
2. Basillus firmus ,bacillus subtilis , micrococcus, jamur jamuran , aktimomicetes (melarutkan senyawa phosfat anorganik).
3. Micrococcus denitrifican. nitrobacter (bakteri ammonium. karena substansi media yang mendukung)

Nutrien yang di dapat dari air got dan comberan adalah:
1. Nitrogen dalam bentuk urea slow reale hasil dari urine
2. Kalium dari penguraian desinfektan dan surfaktan dari detergen dan limbah mandi dan mencuci
3. Fosfat dari sisa protein, sel mati dan sedimen yang mengendap.
4. Karbohidrat
5. Lignin
6. Asam amino non essensial
7. Ion Fe dari besi yang mengendap
8. Magnesium
9. Vitamin
10. Selulosa


Dapatkan Lebih Dari 350 Tutorial SB1M, Daftar SB1M Sekarang Gratis Sebelum Kelasnya Ditutup SB1M BLITAR

Jangan Lupa Berikan Like, Komantar dan Share Anda
Karena ketiga adalah Nyawa kami untuk terus berkarya

SELALU TERKONEKSI DENGAN KAMI :
Facebook :  HERI DWI PURNOMO
Fans Page:  SB1M KOREA
Twitter :   HERI DWI PURNOMO
Google+ :   HERI DWI PURNOMO
Instagram : HERI DWI PURNOMO
Website: WWW.HERIDWIPURNOMO.INFO