Terra Preta Adalah Tanah Hitam Mengandung Mikroba Bahan Organik dan Karbon


HERI DWI PURNOMO - Terra preta adalah tanah hitam yang berada di sekitar lembah Amazon yang dikenal sangat subur dan gembur. Menurut penelitian, terra petra mampu meningkatkan kesuburan tanaman hingga 800%. Sehingga sangat mudah bercocok tanam di sana walaupun tanpa pemupukan.

Banyak pendapat muncul dengan banyaknya kadar karbon di terra preta, termasuk praktek bertani penduduk di sana berabad abad silam yang memanfaatkan hasil pembakaran bahan organik untuk menyuburkan tanah. Pendapat ini ditunjang informasi tentang banyaknya populasi penduduk asli pada awal kedatangan bangsa portugis. Dengan asumsi itu, terra preta disimpulkan sebagai buatan manusia dengan menambahkan karbon untuk menyuburkan tanah.
Apakah benar kunci kesuburan tanah terra preta ada di kandungan karbonnya?

Studi lain memberikan gambaran berbeda tentang terra preta. Penduduk di sana bertani 40 tahun tanpa penambahan pupuk dan ternyata tanah di sana tetap subur. Ketebalan tanah terra preta sendiri bertambah 1 cm setiap tahunnya tanpa campur tangan manusia. Jika terra preta buatan manusia, setelah ratusan tahun tentu guguran daun dan ranting akan menutupinya, dan membuatnya nampak seperti tanah biasa. Dalam analisa mikroba tanahpun, ternyata terra preta berbeda. Hanya 22% bakteri yg serupa dengan tanah lain, sementara 78% nya berbeda. Bakteri native terra preta ini lebih menunjukkan saling keterkaitan yang erat satu sama lain, dan bisa jadi karena inilah terra preta jadi sangat subur. Dengan kata lain, karbon berlebih bisa jadi hanyalah akibat aktivitas mikroba native penyubur yg ada di sana, bukan penyebab kesuburan tanah itu sendiri.
Sebuah teori alternatif, karena study bakteri memang tidak mudah. Dalam 1 sekop tanah ada 10 ribuan jenis bakteri dengan jumlah trilyunan.

Selengkapnya bisa disimak videonya yang berjudul Terra Preta Adalah Tanah Hitam Mengandung Mikroba Bahan Organik dan Karbon
Kategori
Blog & Orang

stek sungkup,perbanyakan tanaman,jambu air,garden tour,kebun organik,sayuran organik,hama dan penyakit,opt,organisme pengganggu tanaman,kohe kambing,kotoran kambing,kotoran hewan,kompos,arang sekam,sekam,sayuran sehat,makanan,sehat,makanan sehat,em4,mol,poc,em$ lokal,mikro organisme lokal,kompos,pupuk kandang,bokasi,tanah,media tanam,tanah subur,mol,poc,uerine kambing,pestisida nabati


Dapatkan Lebih Dari 350 Tutorial SB1M, Daftar SB1M Sekarang Gratis Sebelum Kelasnya Ditutup SB1M BLITAR

Jangan Lupa Berikan Like, Komantar dan Share Anda
Karena ketiga adalah Nyawa kami untuk terus berkarya

SELALU TERKONEKSI DENGAN KAMI :
Facebook :  HERI DWI PURNOMO
Fans Page:  SB1M KOREA
Twitter :   HERI DWI PURNOMO
Google+ :   HERI DWI PURNOMO
Instagram : HERI DWI PURNOMO
Website: WWW.HERIDWIPURNOMO.INFO